Bongkar Jeroan Dapur Pacu Yamaha Jupiter Z1

· Otomotif
Authors

Bro sekalian, gambar detail fisik udah, dan setelah mengupas resep performa Jupiter Z1 dari tampilan slide komputer, tmcblog tambah penasaran . . . kayak apa sih sebenarnya hollow pin di YZ Crank technology? Kayak apa sih entuk dome nya . . . paket FI apa yang digunakan oleh yamaha, apa bener gigi transmisinya (terutama di gear 3 dan 4 ) dibuat lebih lebih kuat sehingga durable menahan rpm yang tinggi? ..  . okeeeh mari kita bahas satu persatu ya bro

Saat pertama tmcblog melihat bongkahan mesin Jupiter Z1 yang baru saja selesai di gunakan buat test internal YIMM . . . itu  blok mesin bagian bawah dan atas langsung di bongkar . . . disinilah baru tahu tmcblog bahwa Yamaha tidak menggunakan gasket lembaran . . . melainkan liquid gasket pada bgaian tengah blok mesin bawahnya . ..

setelah bongkar bagian mesin bawah baru deh ketahun bahwa memang gigi gigi pada roda gigi transmisi 3 dan 4 dibuat cukup besar dimaksudkan agar motor ini bisa durable menahan getaran di RPM yang sedikit lebih tinggi yang biasanya berada pada gigi gigi transmisi terakhir (3 atau 4 )

YZ Crank Technology

Kayak apa sih YZ Crank Technology . . . apa benar penampaka teknologi yangberasal dari YZ450F dan satufilosifi dengan teknologi M1 ini segitusophisticate nya ? . . . nggak terlalu juga sih bro . . . cuma pin crank tempat untuk poros pengayun setang piston dibuat sedikit hollow (berongga) . . . simpel kan? tujuannya apa? sudah pasti jika berongga maka bobotnya lebih ringan sehingga kerja menonjoknya bisa lebih kuat/ efesien . . . ini lah yang membuat tarikan bengis Jupiter Z1 di rpm rpm awal, cmiiw . . . pin lebih ringan tentu dibutuhkan perhitungan khusus agar tidak terjadi getaran . ..  maka shape bagian ini dibentuk ulang sesuai dengan hitungan fisika mekaniknya . . . kalau dilihat detail memang ada perbedaan baik di tebal dan balancer bila dibandingkan dengan crank Jupiter Z karbu

Dari Blok bawah, kita naik ke blok silinder. Point view nya langsung ke piston tempanya yang memang benar lebih kecil. Menurut Pak Abidin ..  . fokus utama dari forged piston adalah bagian dome dari piston  . . . ini lah yang harus diperkuat dengan teknologi tempa . . . sebab bagian ini yang menerima tekanan terbesar saat ledakan pembakaran mesin. Piston lebih kecil, kerja lebih ringan, lebih efesien pastinya.

Terlihat memang Klep Z1 dan Klep Jupiter Z  beda banget . . . secara umum Jupiter Z1 lebih lebar . . . kenyataan ini membuat Dome silinder atas berbeda dimensinya . . . Jupiter Z karbu lebih cekung, sedangkan Jupiter Z1 tidak terlalu cekung . . . menurut pak abidin resep ini lah yang membuat Z1 bernafas lebih panjang dibandingkan Jupiter Z karbu.

dari daerah chamber pembakaran kita naik ke atas lagi yakni head silinder . . . di dalah head silinder . . . Klep Z1 digerakkan melalui sistem roller rocker arm . . . sedangkan Jupiter Z karbu menuruut pak abidin belom pake Roller rocker arm.

head silinder Jupiter Z1 sama sekali beda dengan Jupiter Z karbu . . . Z1 menggunakan head yang lebar untuk memperoleh pendinginan yang lebih baik. Z1 menggunakan tutup head silinder yang bisa dibongkar , ini mirip head silinder motor motor pabrikan lain. . . .. . . Jupiter Z karbu nggak . . . langsung paten dicetak (casting)

  

Karena ada ruang gap antara bagian tengah dan pinggir pada head silider . . . penyakitnya adalah getaran . . . getaran ini menyebabkan gasket penutup head silinder bisa hancur dan menyebabkan head silinder pada meler . . . nah yamaha punya resep jitu di area ini . . .mereka menempatkan satu baut yang mengghubungkan bagian luar dan dalam sehingga akan dapat meminimalisasi getaran yang bisa merusak gasket . . . wew . . . detail amat sampe mikirin beginian

Lalu kita beralih ke sistem FI . . . Yamaha menggelar seluruh part Injeksi yang digunakan di Jupiter Z1 ini . . . nggak biasa biasanya yamaha yang menggunakan produk Mikuni ..  . kali ini mereka sama dengan Honda yakni menggunakan sistem FI dari Keihin ( bearti terawangan tmcblog meleset euuy :) ) pantesan koq fuel pump nya guedeee . . . kan fuel pump mio J kecil punya tuuu . . . lalu ada lagi detail sensor temperatur oli, sensor O2 yang ditempatkan di mulut dekat ujung mula muffler, lalu juga injectornya, trotel bodynya . . . yaaaah jadi sebenarnya boleh dibilang sistem FI nya nggak jauh beda dengan PGM Fi he he he . . . tapi ukan berarti Yamaha pake PGM FI . . . karena Keihin kan bukannya Honda . . . so kapan kapan Honda pun bisa pake mikuni dan menggunakan sistem secondary air passagenya Mikuni he he he he boleh nggak yaaa ?  . . . sooooo, udah jelas ya sekarang kayak apa bentuk real dari resep resep yamaha di Jupiter Z1 . . . so silahkan simak gallery fotonya dan share komentar mas bro semua . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

Leave a comment